Webinar Nasional Pembelajaran Prakarya, Produk Kreatif dan Kewirausahaan Diselenggarakan oleh Prodi S-2 PKK UNY

Pada tanggal 16 September 2020, Prodi S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional dengan tema “Konsep dan Implementasi Pembelajaran Prakarya, Produk Kreatif dan Kewirausahaan”, yang bertujuan memberikan wawasan kepada para praktisi pendidikan khususnya di bidang prakarya, produk kreatif dan kewirausahaan dalam merancang dan mengelola pembelajaran yang inovatif. Kegiatan ini merupakan wujud sumbangsih UNY untuk turut andil dalam upaya menyelesaikan masalah pendidikan Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Webinar ini menghadirkan tiga pemateri, yang pertama yakni Dr. Drs. Hadjar Pamadhi, MA.Hons., beliau menyampaikan materi tentang Falsafah dan Konsep Pembelajaran Prakarya, Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Pemateri kedua dibawakan oleh Dr. Fitri Rahmawati, M.P., beliau menyampaikan materi tentang Inspirasi Pembelajaran Prakarya, Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Pemateri ketiga dibawakan oleh Dr. Endang Mulyani, M.Pd., beliau menyampaikan materi tentang Student Company Solusi Implementasi Prakarya, Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah.

Kegiatan ini diikuti oleh 750an peserta terdiri dari mahasiswa, Guru, Dosen, dan kepala sekolah dari berbagai jenjang, baik SD, SMP, SMK serta berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Klaten, NTB, Malang, Surabaya, Tarakan, Surakarta, Sukoharjo, Bandung, Cirebon, Kalimantan Timur, Semarang, Salatiga, Wonosobo, dan lain-lain.

Webinar ini mendapat respon yang sangat baik dari perwakilan peserta, yaitu ibu Rita, dari SMKN Karangpucung, beliau mengucapkan banyak terimakasih serta memberikan apresiasi terhadap materi yang sangat bagus dan bermanfaat bagi para guru prakarya, produk kreatif dan kewirausahaan yang membutuhkan ilmu yang terus ter-update, karena pembelajaran prakarya harus mempunyai kreativitas yang cukup banyak, ditambah lagi adanya tuntunan bagi guru untuk terus membuat media yang menginspirasi serta memancing kreativitas siswa. Hal tersebut juga dinyatakan oleh Bapak Nafsur dari SMP N 2 Sambit, dengan rasa terimakasih nya kepada para pemateri yang telah memberikan ilmunya yang sangat berharga ditengah kebingungan yang dialami guru prakarya karena berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, selain itu mengharapkan kedepannya akan ada webinar seperti ini dengan materi yang berkelanjutan serta ada pelatihan untuk guru sehingga dapat menambah ilmu dan membuka wawasan sebagai guru khususnya mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs, dan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bagi siswa SMA/SMK/MAN.

 

LAMIRAN
Link Materi Narasumber : <Klik Here>