VISITING PROFESSOR DARI UNIVERSIDADE EUROPEIA DI PROGRAM STUDI MAGISTER S2 PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FT UNY

VISITING PROFESSOR DARI UNIVERSIDADE EUROPEIA DI PROGRAM STUDI MAGISTER S2 PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FT UNY

Program Studi Magister S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kembali menggelar program Visiting Professor pada tahun 2021. Melalui kegiatan ini, didatangkan seorang pakar tourism and hospitality dari Negara Portugal, yaitu Prof. Dr. Lois Mota. Penyelenggaraan program Visiting Profesor pada tahun 2021 dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi zoom.us.

Program visiting professor dimulai sejak tanggal 5 November 2021 sampai tanggal 10 Desember 2021 atau dengan total pertemuan sebanyak enam kali tatap maya yang dilaksankan pada setiap hari Jumat. Program ini diikuti oleh 30 mahasiswa Prodi Magister S2 PKK. Pokok bahasan dalam program visiting professor relevan dengan ranah bidang keahlian Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Topik yang menjadi pembahasan utama dalam Visiting Professor kali ini diawali dengan penjelasan mengenai “Developing Culinary & Fashion Tourism”,  “Digitalization of Bussiness Culinary & Fashion”, dan di akhiri dengan mempresentasikan hasil mini proyek “Pengembangan Produk Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia”.

Prof. Dr. Lois Mota, mengharapkan program Visiting Professor dapat berlanjut di kemudian hari dan utamanya dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa, supaya memiliki wawasan yang luas pada bidang keahliannya serta dapat menggali potensi lokal untuk dikenalkan ke ranah internasional. Sejalan dengan pendapat beliau, Koordinator Prodi Magister S2 PKK FT UNY, Prof. Dr. Kokom Komariah, M.Pd menyampaikan bahwasanya program Visiting Professor ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa, mengembangkan kompetensi mahasiswa dan mensosialisasikan serta menginternasionalisasikan kajian keunggulan nilai-nilai lokal ke dunia internasional.

Program Visiting Professor sangat menarik minat mahasiswa, karena banyak ilmu yang mereka dapatkan dari penjelasan yang diberikan oleh Prof. Dr. Lois Mota. “Program ini memberikan gambaran yang sangat jelas mengenai perkembangan bisnis kuliner dan busana yang sangat modern, dan yang sangat menarik adalah adanya mini project yang menekankan pada potensi lokal Indonesia yang luar biasa” ucap Sri Purnaningsih yang merupakan salah satu peserta Program Visiting Professor 2021. Program Visiting Professor memberikan manfaat dalam meningkatkan wawasan mahasiswa terhadap bidang keilmuannya. (Rony)