Visiting Professor Dari Asia University di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Pascasarjana UNY

Visiting Professor Dari Asia University di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Pascasarjana UNY

Salah satu program yang dilaksanakan di Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Program Pascasarjana Fakultas Teknik pada semester ini adalah kegiatan Visiting Professor. Pada kesempatan di semester ini kerjasama dilaksanakan dengan Asia University, dengan menghadirkan Prof. Feng-En Lo, Ph.D. Beliau mengajar dalam mata kuliah Ecotourism (Ekowisata) dengan program Fall Semester. Kegiatan ini sekaligus merupakan transfer kredit setara dengan 2 SKS bagi mahasiswa Program Studi Asia University. Visiting Professor pada semester ini dilaksanakan secara daring dengan dua model pembelajaran yaitu melalui jejaring aplikasi Microsoft Teams dan website pembelajaran Asia University yaitu Moodle.

Kegiatan Visiting Professor ini dimulai sejak hari Senin, 21 September 2020 hingga Senin, 18 Januari 2021 dengan 18 kali pertemuan daring. Sebanyak 11 Mahasiswa PKK mengikuti kelas beliau dengan berbagai macam materi yang dijelaskan dan sangat bermanfaat bagi pembelajaran, seperti konsep ecotourism, tata lingkup ekowisata, berbagai macam situs serta flora-fauna yang harus dilindungi, dan kemajuan pariwisata terkini di seluruh dunia.

Prof. Feng-En Lo, Ph.D mengharapkan bahwa kegiatan pembelajaran ini akan berlanjut pada kegiatan keilmuwan selanjutnya seperti pembelajaran lebih lanjut dan penerapannya pada lingkungan guna tercapainya visi dari mata kuliah Ecotourism ini. Harapan beliau sejalan dengan pendapat Koordinator Jurusan PKK UNY, Dr. Kokom Komariah, M.Pd yang mengharapkan kegiatan keilmuan seperti pembuatan buku modul materi dan artikel ilmiah dari pembelajaran yang telah didapat selama satu semester dapat dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Semoga kesempatan ke depan akan terwujud kegiatan-kegiatan lain yang dapat dijalin dalam bidang akademik antara Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNY dengan Manajemen Rekreasi Asia University, Taiwan.(Yhola KNF)