Second Session Visiting Proffesor with Mr. Ferry Jie “Academic Writing and Publication”

Penyelenggaraan Visiting Professor oleh Program Studi S2  Program Magister Pendidikan Kesejahteraan Keluarga  FT UNY dilanjutkan pertemuan kedua bersama dengan Professor Ferry Jie dari Edith Cowan University, Australia. pertemuan kedua dilaksanakan satu minggu setelah pertemuan pertama, yaitu pukul 18.30 – 20.10 WIB pada tanggal 8 November 2022 secara daring menggunakan zoom meeting. Sub tema bahasan dari “Academic Writing and Publication” pada pertemuan kedua menganai Research Proposal. Pada kesempatan pertemuan kedua Visiting Professor ini diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dari Program Pasca Sarjana dan didampingi oleh dosen.

Research Proposal merupakan materi utama yang disampaikan oleh Profesor Ferry Jie pada pertemuan kedua. Dalam penjelasannya beliau menyampaikan mengenai konten dari research proposal. Selanjutnya penyampaian materi oleh Proffesor Ferry mengenai Self-generated Proposal, dimulai dari latar belakang hingga pembiayaan. Selain itu literature review juga menjadi materi penting dari pertemuan ini yakni mengenai tata cara, teknik pencarian, tips, serta mengelola daftar pustaka.

Professor Ferry juga menampilkan video yang berisikan cara untuk menulis literature review yang baik dan benar beserta dengan tips dan contoh benar dan salah. Pada video tersebut mahasiswa dapat langsung membandingkan dan menganalisis literatur review yang baik. Terdapat dua video yang ditayangkan, keduanya secara garis besar membahas teknik dan tips dalam melakukan analisis, evaluasi dan kritik literatur.

Mahasiswa diberi waktu untuk berdiskusi mengenai materi literatur review  dan kesempatan untuk berlatih menulis berdasarkan materi yang telah diberikan oleh Professor Ferry sesuai dengan kelompok yang dibentuk pada pertemuan sebelumnya. Selanjutnya Professor Ferry memberikan masukan dan saran kepada mahasiswa mengenai hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa selanjutnya.

Pertemuan kedua dari Visiting Professor berlangsung dengan baik dan materi yang disampaikan sangat membantu dalam pendalaman pengetahuan mahasiswa pada teknik penulisan. Literatur review ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk tesis dan juga penulisan artikel ilmiah. Pertemuan selanjutnya mahasiswa akan mempresentasikan masing-masing hasil latihan menulis berdasarkan materi yang telah disampaikan hari ini. (kk)