S2 PKK UNY Jalin Kerjasama dengan Sekolah dan Industri

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) dengan beberapa pihak dari Sekolah Menengah Kejuruan dan industri pada hari Selasa, 22 Desember 2020 di Jambu Luwuk Boutique Hotel, Yogyakarta.

Sekolah dan industri yang terlibat dalam kerjsa sama ini diantaranya SMKN 6 Yogyakarta, SMKN 1 Sewon, ICA (Indonesian Chef Association), IFBEC (Indonesian Food and Beverage Executive Association), Jambu Luwuk Boutique Hotel, Tara Hotel, Cavinton Hotel, CIS (Catering Ibu Supardi), Pitaloka Bakery, dan Mount Merapi Bake House.

Koordinator Program Studi S2 PKK UNY, Dr. Kokom Komariah, M. Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk penguatan Prodi S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNY dalam hal peningkatan kualitas kompetensi lulusan di bidang tata boga dan kewirausahaan PKK serta pengembangan ilmu di bidang tata boga.

Dr. Kokom Komariah, M. Pd. menambahkan melalui kerja sama ini diharapkan sekolah dan industri dapat menjadi partner Prodi S2 PKK UNY dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Sekolah dan dan industri menjadi “laboratorium” untuk mengembangkan riset, inovasi, dan kewirausahaan di lingkungan S2 PKK UNY.

Kerja sama ini juga disambut dengan sangat baik oleh sekolah dan industri yang tergabung. Salah satunya dari ICA yang diwakili oleh Chef Anton Yanwar, selaku Ketua ICA Regional Yogyakarta. Beliau mengatakan bahwa “Dengan adanya kerja sama antara S2 PKK UNY dengan industri dapat memperluas riset di dibidang boga, hingga akhirnya diharapkan akan bermunculan berbagai macam inovasi-inovasi boga”. Selain itu Dra. Retno Sri Agustiawati, MBA selaku perwakilan guru dari SMKN 6 Yogyakarta memaparkan bahwa kerjasama dapat meningkatkan riset bidang pendidikan vokasi tata boga. Kedepannya MoA antara S2 PKK UNY dengan sekolah dan industi akan menggandeng mitra baik sekolah ataupun  industri lebih banyak lagi. Acara penandatanganan MoA diakhiri dengan kegiatan foto bersama antara pihak S2 PKK UNY dengan sekolah dan industri.(Ambar RF)