PRODI PKK S2 UNY SELENGGARAKAN MONITORING DAN EVALUASI STUDI MAHASISWA

Penyelesaian studi merupakan suatu kewajiban bagi mahasiswa. Keterlambatan mahasiswa S2 dalam studi biasanya diawali pada saat mengerjakan tesis. Oleh karena itu Prodi S2 PKK-FT UNY selalu menyelenggarakan monitoring dan evaluasi untuk memantau masa studi mahasiswanya. Kali ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2022 pukul 11.00 WIB. Acara ini dikhususkan untuk mahasiswa lama yang belum usai menyusun tesis, sebagai proses mendapatkan gelar Magister. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua jurusan, dosen-dosen serta mahasiswa semester 5 hingga semester 8 S2 PKK UNY.

Koordinator Prodi S2 PKK-FT UNY, Prof. Dr. Kokom Komariah, M.Pd menjadi narasumber dari kegiatan ini dengan menyampaikan hal-hal persyaratan yang harus dipenuhi dalam pencapaian magister, agar penyusunan tesis tetap dapat dikerjakan dengan baik, tidak instan. Prof. Kokom menanyakan sampai mana kesiapan-kesiapan dan manajemen waktu dari tiap mahasiswa, agar dapat menyusun waktu temu guna mencari solusi bersama. Hadir dalam kesempatan ini dosen-dosen dari Prodi PKK yang ikut memberikan solusi antara lain Dr. Nani Ratnaningsih, S.TP, M.P menambahkan bahwa manajemen waktu merupakan hal yang penting, karena semua pasti memiliki kesibukan tetapi sebisa mungkin dikelola dengan baik. Selanjutnya Prof. Dr. Endang Mulyatingsih, M.Pd memberi saran berupa bantuan apabila mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tesis berupa metodologi penelitian dapat menghubungi beliau untuk bimbingan. Saran dan masukan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Ichda Chayati, M.Pd menyampaikan bahwa waktu merupakan hal yang berharga, jangan sampai mahasiswa malas dan menyia-nyiakan waktu. Masukan lain disampaikan oleh Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP, M.Si bahwa bekerja menyelesaikan tesis sebaiknya dikerjakan dengan rekan sehingga dapat sharing pengetahuan agar ditemukan titik terang penyelesaian. Masukan selanjutnya dari Prof. Dr. Marwanti, M.Pd agar mahasiswa diberi kesehatan dan kemudahan agar selesai dalam mencapai gelar magister. Terakhir disampaikan oleh Dr. Fitri Rahmawati, M.P memberi masukan yaitu jangan sungkan terhadap dosen membimbing dan menyarankan agar mahasiswa bercerita kepada dosen pembimbing secara terbuka. terakhir disampaikan oleh Dr. Widihastuti, M.Pd bahwa mahasiswa jangan takut kepada dosen dan senantiasa bimbingan rutin kepada dosen pembimbing.

Besar harap bahwa acara ini dapat memberikan pencerahan, motivasi dan semangat semangat kepada mahasiswa Angkatan 2018 hingga Angkatan 2021 agar segera menyelesaikan tesis dengan konsistensi diri dan semangat juang untuk mencapai gelar Magister di Prodi PKK secepatnya, dengan usaha dan doa sehingga mahasiswa bisa mengembangkan karir lebih dini untuk mencapai target yang lebih optimal. (Yhola, KK)