PENINGKATAN PRODUKTIVITAS EKONOMI PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA KELUARGA MELALUI PELATIHAN MEMASAK DI KOTA MAGELANG

.Sebagai wujud nyata hasil kuliah Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat, mahasiswa S2 PKK FT UNY melakukan program pengabdian kepada masyarakat. Rudi Haryanto dan Nanik Kristiana, melakukan pelatihan memasak bagi perempuan sebagai kepala keluarga untuk meningkatkan produktivitas ekonomi keluarga. Peserta pelatihan terdiri dari 35 orang perempuan sebagai kepala keluarga di lingkungan kelurahan Kota Magelang.

Pelatihan ini bermula dari masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh perempuan sebagai kepala keluarga di lingkungan kelurahan Kota Magelang tentang produksi makanan. Dalam pelaksanaan pelatihan ini mahasiswa S2 PKK FT UNY bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat melakukan pengembangan usaha keluarga sehingga bisa menambah pendapatan keluarga, dan mampu memperkuat ekonomi rumah tangga.

Pelatihan dilaksanakan di dapur SMK Negeri 3 Magelang pada Kamis, 24 Maret 2022. Selama pelatihan berlangsung, peserta diberikan materi teori terkait Chocolate Cookies, Brownies, dan Galantin Ayam kemudian peserta praktik secara langsung dengan bimbingan dari mahasiswa S2 PKK. Selain mendapat materi teori dan praktik secara langsung, peserta juga dibekali bagaimana pengemasan produk, penghitungan harga jual, serta promosi penjualan produk.

Salah satu peserta mengungkapkan “Pelatihan ini sangat bermanfaat, karena produk yang diajarkan mudah untuk dibuat, bisa dikonsumsi sehari-hari, dan sangat bisa untuk dijual, apalagi bertepatan dengan bulan puasa,” (Ibu Fatimah). Banyak peserta yang berencana menerima pesanan Chocolate Cookies untuk lebaran. Ibu Sunarti selaku Kepala Seksi dari DP4KB mengatakan bahwa “Kerjasama ini sangat membantu Dinas dalam upaya memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Semoga dalam program Dinas DP4KB Kota Magelang selanjutnya dapat kerjasamanya kembali dengan mahasiswa S2 PKK FT UNY untuk menjadi instruktur/narasumber.” Penyelenggaraan pelatihan ini diharapkan dapat menjalin kerjasama yang erat antara mahasiswa, dinas-dinas yang terkait dan juga masyarakat. (ARF, KK)