PEMANFATAN TEH BUNGA TELANG SEBAGAI MINUMAN KESEHATAN

Minuman Herbal Bunga Telang

Daerah Istimewa Yogyakarta pernah mengalami kondisi dengan kasus Covid-19 yang sangat tinggi. Masyarakat berupaya mencari berbagai alternatif asupan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Berbagai minuman herbal diyakini dapat menjaga tubuh dari paparan virus Covid-19. Melihat permasalahan tersebut, Mahasiswa S2  PKK UNY  yaitu  Fadilah Rahmadani dan Putu Diah Ari Kusumadewi, berinisiasi  dan melakukan  action dengan  memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar D.I. Yogyakarta dalam bentuk Pelatihan Pemanfaatan Bunga Telang sebagai  minuman teh. Bunga telang merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut dilaksanakan di Dusun Pondok, Kecamatan Condong Catur pada hari Senin tanggal 16 Mei 2022. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 26 orang peserta yang merupakan bagian dari anggota PKK RW 07 bukan hanya sekedar mengolah bunga telang sebagai teh herbal, namun juga memberikan pengetahuan terkait pemanfaatannya dan juga peluang usaha yang dapat dilakukan oleh peserta.

Kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa  maupun masyarakat. Menurut Prof Kokom  Komariah,  pengampu mata kuliah  ini menyatakan bahwa  aplikasi  mata kuliah ini  dapat membentuk kemampuan Vokasional yang nyata, sehingga  mahasiswa lebih matang dalam menganalisis permasalahan di lapangan dan sekaligus memberi solusinya.   Demikian pula respon masyarakat  sangat baik, mereka  begitu tertarik terhadap produk teh herbal bunga telang ini. Mereka merasa bahwa bunga telang yang selama ini dikenal sebagai bahan pewarna alami itu juga sangat berpotensi diolah menjadi minuman berkhasiat. Bahan dan alat yang sederhana mempermudah peserta dalam proses produksi yang kemudian dilanjutkan dengan proses pengemasan. Harapannya pelatihan membuat produk teh herbal bunga telang dapat bermanfaat bagi masyarakat baik dari sisi kesehatan maupun  peningkatan ekonomi keluarga. (KK, ARF)