PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK USAHA MAKANAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI KAPANEWON SEMANU KABUPATEN GUNUNG KIDUL

PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK  USAHA MAKANAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI KAPANEWON SEMANU KABUPATEN GUNUNG KIDUL

          Yogyakarta, 5/06/2021. Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana,  Fakultas Teknik  Universitas Negeri Yogyakarta,  menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat  yang berupa Pelatihan  dengan tema pengembangan  produk usaha makanan  sebagai upaya  peningkatan  pendapatan rumahtangga. Kegiatan ini dilaksanakan di kampus  UNY Gunung Kidul, dengan harapan masyarakat  sekitar mengenal dan merasa memiliki  kampus UNY Gunung Kidul.    Sasaran kegiatan  adalah  kelompok  ibu-ibu PKK  di Kapanewon  semanu  Kabupaten  Gunung Kidul.  Kegiatan ini domotori oleh  Dr. Fitri Rahmawati, MP,. Dr. Kokom Komariah, M.Pd,.  Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, M.Sc,.  Afia Fauziah, M.Sc,. dibantu oleh mahasiswa  Prodi Tata Boga D4  Sarjana Terapan.

 

         Materi yang disampaikan  berupa ketahanan pangan, potensi makanan  lokal, materi-materi praktik berupa pengolahan   berbagai jenis produk   yang terdiri dari  donat ubi jalar, schotel jagung, madu sarikeripik daun singkong, brownies casava dan ceriping pisang. Praktik pengolahan ini  disertai  dengan kajian bahan, persiapan dan proses produksi, teknik  mengemas, perhitungan harga jual dan BEP.  

 

        Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dengan hasil yang memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan   produk  yang dibuat 90% berhasil dengan baik, dan sudah layak jual, ada satu  produk yang  gagal karena  gosong yaitu brownies  casava, namun  dalam proses pelatihan  produk  gagal ini   dimodifikasi dengan  membuang  bagian yang gosong, selanjutnya   diberi isian  whipped cream, sehingga  produk  menjadi varian  yang berbeda.  Selanjutnya  keberhasilan pelatihan  bisa dilihat dari  penilaian  yang dilakukan oleh para  peserta. Hasil penilaian   menunjukkan dari aspek tema pelatihan, ketepatan waktu pelatihan, kelengkapan materi, sikap penyelenggara, penguasaan materi pelatihan, metode,  interaksi dengan peserta, pengelolaan latihan dan sarana  yang digunakan  dinilai sangat memuaskan. 

 

      Selanjutnya  hasil kesepakatan diperoleh,  para peserta siap untuk mengembangkan  produk-produk yang  sudah dilatihkan, sehingga  bisa berdampak pada peningkatan  ekonomi keluarga  yang berimbas pada kesejahteraan  keluarga  dan masyarakat di  Kapanewon Semanu Gunung Kidul. (KK)