PELATIHAN PEMBUATAN KOSMETIKA TRADISIONAL RATUS REBUS

Pelatihan Pembuatan Kosmetika Ratus Rebus

.

Ratus merupakan salah satu perawatan tradisional organ kewanitaan yang sudah dikenal banyak memberikan manfaat. Ratus dipercaya dapat membersihkan organ reproduksi wanita, mencegah infeksi vagina, mengatasi keputihan, menghilangkan bau tidak sedap pada area kewanitaan, merangsang dinding rahim sehingga dapat melancarkan menstruasi, hingga meningkatkan kepuasan seksual.

 

Dalam rangka pemberdayaan keluarga dan masyarakat, mahasiswa Program Magister PKK konsentrasi Tata Rias, diantaranya Agatha, Clarita dan Dena memberikan pelatihan pembuatan kosmetika tradisional ratus rebus. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 11 April 2022 yang diikuti oleh 15 orang ibu-ibu PKK di Dusun Mangkan, Bawak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

 

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini bertujuan agar ibu-ibu PKK setempat dapat mengetahui apa itu ratus rebus dan manfaatnya, dapat memanfaatkan bahan-bahan alam sekitar untuk kesehatan dan kecantikan, dapat membuat produk alami yang dapat dijual dan menghasilkan pendapatan secara ekomoni.

 

Mahasiswa memberikan demonstrasi yang kemudian diikuti praktik langsung oleh peserta dalam membuat produk kosmetika ratus rebus. Peserta juga berkesempatan mencoba produk yang telah dibuat. Selain praktik, peserta juga diberikan bekal pengetahuan terkait cara membuat, pemakaian, serta peluang dan pemasaran produk.

 

Peserta sangat tertarik dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut sebab merupakan suatu pengetahuan dan pengalaman baru. Hasil dari pelatihan ini mendapatkan respon yang sangat baik, bahkan peserta telah merasakan khasiat dari kosmetik tradisional ratus rebus “Sebelumnya saya tidak pernah merasakan perawatan ini, kemarin saya merasakan langsung perawatan ratus rebus, esok paginya saya mengalami menstruasi, padahal biasanya saya tidak teratur dalam urusan bulanan,” ujar Ibu Ratna salah satu peserta pelatihan. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan dan menjadi peluang bisnis bagi wanita. (KK, ARF)

Tags: