PELATIHAN PEMBUATAN KONEKTOR MASKER BERSAMA IBU PKK KELURAHAN PEGULON KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL

Mahasiswa S2 Program Magister Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, yang terdiri dari Siti Sarah Ermalena dan Sus Triyati melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat kepada kelompok PKK di Kelurahan Pegulon, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal. Kegiatan yang berupa pelatihan membuat konektor masker tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2022 yang bertempat di kediaman Ibu Hj. Munsifah salah satu pengurus PKK Kelurahan Pegulon, Kendal.

Situasi pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan hampir di seluruh lapisan masyarakat. Hal paling menonjol adalah berubahnya kebiasaan masyarakat yang menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk mencegah penularan virus Covid-19. Selain untuk keamanan dari ancaman virus, penggunaan masker tentunya perlu memperhatikan aspek kenyamanan. Seperti penggunaan masker untuk wanita berhijab. Model masker yang sebagian besar berupa earloop (dikaitkan pada telinga) dirasa kurang memberikan kenyamanan pada wanita berhijab pada saat mengenakan dan melepas masker. Oleh sebab itu adanya konektor masker sangat diminati masyarakat khususnya wanita berhijab.

Meningkatnya permintaan konektor masker menjadi salah satu peluang usaha untuk ibu-ibu PKK. Adanya peluang usaha tersebut maka perlu diimbangi  dengan peningkatan keterampilan dalam pembuatan konektor masker tersebut. Tim Mahasiswa S2 PKK UNY melakukan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam membuat konektor masker. Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 33 peserta dari kelompok PKK RW 07 Kelurahan Pengulon. Peserta sangat tertarik dan antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama dengan penjelasan tentang pentingnya inovasi peluang bisnis di masa pandemi, dan sesi kedua dengan demonstrasi serta diikuti dengan praktik bersama-sama membuat konektor masker.