MAHASISWA UNY SOSIALISASIKAN PEMANFAATAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PRODUKSI

.

YOGYAKARTA- Perkembangan teknologi semakin hari semakin cepat. Dampaknya tantangan bagi pelaku UMKM juga semakin berat. Pelaku UMKM perlu terus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal dengan para pesaing. Teknologi memegang peran penting dalam dunia usaha  karena  dengan  adanya  teknologi dapat mempermudah pertukaran informasi  guna  menunjang proses produksi, pemasaran dan pendistribusian.

Telepon pernah menjadi alat komunikasi paling cepat dan efisien dalam dunia bisnis, namun sekarang teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang ke smartphone (telepon genggam pintar). Smartphone dinilai menjadi alat komunikasi yang paling efektif dan efisien di masa sekarang. Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua masyarakat memiliki smartphone, terlebih  ibu-ibu pelaku UMKM. Namun  guna  mengoptimalkan  jalannya bisnis  UMKM,  perlu edukasi dan pendampingan  penggunaan   smartphone ini, sehingga    penggunaannya betul-betul  mendukung  kemajuan  bisnis bagi penggunanya.

Melihat situasi tersebut dua orang Mahasiswa S2 PKK UNY, yaitu Joni Prasetyo, dan Titi Mulyani melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan smartphone dalam penyelenggaraan usahanya. Kegiatan tersebut berupa sosialisasi kepada ibu-ibu pelaku UMKM di Dukuh Celeban, Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Sosialisasi pemanfaatan smartphone terdiri dari pengenalan berbagai aplikasi pendukung produksi, pemasaran, dan pengiriman. Aplikasi yang disosialisasikan diantaranya aplikasi berbasis lokal yaitu Sibakul dan aplikasi berbasis nasional diantaranya Shopee, Tokopedia, Google Store, Go Food dan Go Send.  Aktivitas yang dilakukan meliputi  memperkenalkan, mendemonstrasikan cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Harapannya dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan motivasi pelaku UMKM untuk memanfaat smartphone dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan kegiatan UMKM. (KK, ARF)