Free Webinar Fashion Talk, Wujud Eksistensi Mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Pada tanggal 27 September 2020, mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Kesejahteraan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan sebuah kegiatan free webinar berjudul Fashion Talk dengan tema “ Tips dan Trik Pemilihan Desain dan Warna Busana yang Sesuai dengan Warna Kulit Serta Body Shape”. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan wawasa kepada praktisi fashion, guru busana, mahasiswa serta calon-calon mahasiswa baru bidang Tata Busana, makeup artist dan semua kalangan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sehari-hari khususnya dalam menentukan pemilihan busana yang cocok dengan karakteristik kepribadian ditinjau dari  bentuk tubuh dan warna kulit. Acara tersebut merupakan sumbangasih mahasiswa S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga untuk berbagi ilmu yang sederhana namun berguna dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, serta merupakan sebuah wujud eksistensi mahasiswa S2 PKK ditengah pandemic covid-19.

Webinar Fashion Talk ini menghadirkan dua pemateri. Pemateri pertama yaitu Diah Indah Pratiwi, S.Pd, yang merupakan salah satu mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga semester 3. Diah Indah juga merupakan salah satu penulis buku “Desain Produk Fesyen dengan Corel Draw”.  Diah Indah Pratiwi menyampaikan materi tentang Pentingnya pemilihan warna busana sesuai dengan warna kulit dalam kehidupan sehari-hari dan tips triknya tentang mencocokan warna busana sesuai tipe jenis kulit. Materi yang disampaikan salah satunya merupakan hasil riset pada matakuliah terkait saat menempun pendidikan di S2. Pemateri kedua, yakni Ratih Noviani S.Pd yang juga merupakan mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga semester 3. Ratih Noviani menyampaikan materi tentang bagaimana memilih desain busana yang ideal sesuai dengan tipe-tipe bentuk tubuh. Selain itu acara free webinar ini juga mengandeng salah satu moderator yaitu Yenny Ernawati, S.T , yang merupakan Puteri Tenun & Songket Provinsi NTT  2019  dan juga Duta Muda ASEAN Indonesia 2017.

Kegiatan Fashion Talk ini dilaksanakan melalui platform virtual meeting google meets dan diikuti 70 peserta aktif dari 115 peserta terdaftar yang terdiri dari mahasiswa, guru busana, siswa SMK yang ingin melanjutkan studi di bidang Tata Busana, fashion preneur, MUA dan lainnya yang berasal dari Lombok, Medan, Batam, Sulawesi, Kalimantan, Ponorogo, Jepara, Riau, Palembang, Sumedang, Yogyakarta, Jember, Blora, Lampung dan beberapa kota lainnya. Acara Fashion Talk ini menerima respon yang sangat baik dari para peserta. Perwakilan peserta, Dian Hapsari yang merupakan mahasiwa Telkom Bandung konsentrasi Tekstil mengucapkan terimakasih terhadap materi yang  bagus dan bermanfaat. Selain itu salah satu peserta bernama Intan mengucapkan terimakasih atas ilmu yang bermanfaat dan berharap para narasumber memilik platform yutube chanel untuk bisa terus berbagi tentang ilmu busana. Tak hanya itu, setelah acara free webinar Fashion Talk telah dilangsungkan, peserta masih memberikan apresiasi dan antusiasme kepada acara tersebut sehingga besar harapannya agar acara Fashion Talk terus dilanjutkan dengan materi-materi busana yang bermanfaat.