Fashion Online Camp Wadah Pembelajaran Daring Fashion Berbasis Camp Online

Fashion Online Camp Wadah Pembelajaran Daring Fashion Berbasis Camp Online

Tahun 2021 pandemi covid 19 masih belum juga kunjung mereda membuat berbagai lini aktivitas Pendidikan Fashion kurang berjalan maksimal. Fashion menjadi salah satu bidang yang memberikan pembelajaran keterampilan mulai dari teori dan praktik mengenai busana. Sehingga memberikan keterampilan secara praktik maupun teori di kala pandemi covid menjadi tantangan tersendiri. Seperti halnya yang dilakukan oleh Diah Indah Pratiwi S.Pd dan Ratih Noviani S.Pd, mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Program Studi Pascasarjana Fakultas Teknik UNY mengadakan sebuah Fashion Online Camp  berbasis daring sebagai salah satu langkah inovatif untuk memberikan pengetahuan fashion teori maupun praktik.

Fashion Online Camp atau FOC  merupakan kegiatan belajar fashion secara online yang ditujukan untuk masyarakat umum dengan harapan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mendisain busana kepada masyarakat yang kesulitan belajar fashion  saat pandemi.  Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 24 Maret hingga 26 Maret melalui aplikasi zoom meeting. FOC dihadiri oleh 22 peserta terdiri dari berbagai kota seperti Yogyakarta, Jakarta dan Solo. Sedangkan peserta FOC terdiri dari berbagai kalangan, yaitu pebisnis fashion,  instruktur Balai Latihan Kerja (BLK), mahasiswa busana, dan Photographer. FOC berjalan meriah dengan adanya sesi diskusi, praktik dan pemberian tugas secara online.

Pada hari pertama 24 Maret 2021, FOC diselenggarakan dengan tema “Konsep Warna Dan Bentuk Serta Filosofinya”. Pada sesi ini, peserta diberikan materi teori mengenai warna dan bentuk kemudian berdiskusi dengan pemateri maupun peserta lainnya tentang tema tersebut. Untuk mengaplikasikan pengetahuan teori pada hari pertama, maka FOC pada hari kedua 25 Maret 2021 diselenggarakan dengan mengajak peserta untuk mendisain busana dengan mengaplikasikan teori warna dan bentuk. Menariknya pada sesi ini, peserta yang belum memiliki keterampilan dasar menggambar fashion, diajari langkah demi langkah sehingga bisa menyelesaikan desain busananya dalam waktu 3 jam. Sedangkan pada hari ketiga 26 Maret 2021, FOC diselenggarakan dengan tema yang bersifat penyegaran, yaitu berjudul “Fahion World & Bussines”. Pada hari terakhir ini, semua peserta diberikan pengetahuan dasar mengenai fashion  secara global mulai dari merk-merk busana terkenal di dunia, desainer-desainer fashion terkenal di dunia dan beberapa profesi di bidang fashion yang eksis dimasa depan.

Antusiasme peserta ditunjukan dengan berbagai feed back  positif yang diberikan peserta pada instastory dan pengerjaan tugas yang dikumpulkan. Seperti yang dikemukakan oleh salah satu peserta FOC, Aisyah Pratiwi ,”terimakasih kak Diah dan Kak Ratih, dari belajar makna bentuk, serta filosofi warna, belajar membuat konsep desain bareng dan terakhir belajar sejarah fashion dan bussines-nya walaupun waktunya singkat hanya tiga hari tetapi materi yang disampaikan sangat detail dan bermanfaat,” tutur Aisyah. Selain itu peserta lainnya, Muhtamah menuturkan bahwa acara FOC ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia fashion. Bagi peserta yang tidak memiliki latar belakang fashion berharap bahwa acara FOC ini dapat terus berkembang dengan baik agar dapat membantu masyarakat umum yang ingin mengenal lebih dalam mengenai fashion terutama dalam hal wirausaha di bidang busana (Diah dan Ratih).

 

Para peserta FOC

Peserta mendisain busana bersama-sama secara online

FOC hari ke- 3 tentang pengetahuan fashion dunia