“Pentafsiran Berbasis Kompetensi”

.

“Pentafsiran Berbasis Kompetensi”

Sebagai Tema Third Session Visiting Proffesor with Mrs. Arasinah

Visiting professor dilaksanakan oleh Program Studi S2 Magister Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik UNY dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan lebih mendalam terkait Model Pembelajaran Vokasional. Pelaksanaan visiting professor ini merupakan kegiatan visiting professor ketiga yang dilaksanakan bersama Professor Madya Dr. Arasinah Kamis dari Sultan Idris Education University, Malaysia. Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2023 pukul

15.30 – 17.40 WIB secara daring menggunakan zoom meeting. Tema pembahasan yang disampaikan oleh Professor Madya Dr. Arasinah pada pertemuan ketiga ini membahas tema “Pentafsiran Berbasis Kompetensi”. Kesempatan pertemuan ketiga kegiatan Visiting Professor ini diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dari Program Pascasarjana yang didampingi dosen pengampuh mata pelajaran Model Pembelajaran Vokasional.

Penjabaran materi dengan tema “Pentafsiran Berbasis Kompetensi” yang disampaikan oleh Professor Madya Dr. Arasinah ini mencangkup penjelasan yang meliputi definisi kompetensi, penafsiran kompetensi, sistem pentafsiran kompetensi, tujuan pentafsiran kompetensi, jenis pentafsiran kompetensi, proses perancangan, prinsip pentafsiran teknikal, pengumpulan bukti, peraturan kaedah penafsiran, peraturan penyediaan bukti, pelaksanaan peraturan penyediaan bukti, jenis-jenis bukti, kaedah dan peralatan pentafsiran, kekuatan dan kelemahan kaedah pentafsiran kompetensi, pelaratan pentafsiran dan tiga jenis asas ujian prestasi. Pertemuan ketiga kegiatan Visiting Professor ini berlangsung dengan sangat baik dan materi yang disampaikan oleh Professor Madya Dr. Arasinah sangat mudah dipahami dan menambah pengetahuan mahasiswa terkait pentafsiran berbasis kompetensi. (Filly Ratna)