C2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

.C2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

  1. Latar Belakang
    1. Kredibel
      1. Penghargaan KIP 2021
      2. Penghargaan KIP 2022
    2. Transparan
      1. RTM FT UNY
      2. RTM Prodi
      3. Layanan Sistem Informasi Akademik
    3. Akuntabel
      1. SIREN
    4. Tanggung jawab, adil
      1. OTK UNY 2011
  2. Kebijakan
    1. Adapun dokumen resmi mengenai tata pamong dan pengembangan tata kelola adalah sebagai berikut:
      1. Peraturan akademik UNY yang tercantum pada Peraturan Rektor UNY No. 1 Tahun 2019 yang berlaku hingga sekarang
      2. Etika dosen yang tercantum pada Peraturan Rektor UNY No. 01/PU/2000
      3. Disiplin Pegawai Negeri Sipil sesuai Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010
      4. Tata Kelola UNY yang tercantum pada STATUTA UNY No. 34 th. 2011 pasal 11 dan 12 
      5. Ketentuan Pemilihan Pengelola Jurusan, Prodi, Koordinator Laboratorium atau Bengkel sesuai Peraturan Rektor No. 214 tahun 2011
      6. OTK UNY No. 23 Tahun 2011 pasal 59 yang mengatur tentang Program Studi dan Jurusan
      7. Permendikbud No. 16 th 2012 mengenai kode etik pegawai di lingkungan Kemendikbud
      8. Peraturan Rektor UNY No. 5 th 2015 mengenai kode etik dosen UNY
    2. Dokumen resmi legalitas organisasi dan tata kerja institusi adalah sebagai berikut:
      1. OTK yang sesuai dengan STATUTA UNY th 2011 pasal 51 dan Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Dikti No. 2 tahun 2019 yang terdapat pada Permenristekdikti No. 35 tahun 2017
      2. OTK UNY sesuai Permenristekdikti no 2 th. 2019
    3. Dokumen formal mengenai sistem penjaminan mutu meliputi:
      1. Peraturan Rektor UNY No. 17 tahun 2015 tentang Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNY
      2. Peraturan Rektor UNY No. 41 tahun 2019 tentang Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNY
      3. Statuta UNY No. 34 tahun 2011 pasal 74 tentang SPMI dan OTK UNY No. 23 th. 2011 pasal 68 yang membahas dokumen mengenai LPPMP baik dalam pengelolaan program studi dan penjaminan mutu
      4. Statuta UNY no 35 tahun 2017 dan Permen No 2 th 2019 tentang OTK
    4. Dokumen formal mengenai kerjasama
      1. Perjanjian internasional dalam RUU RI No. 24 tahun 2000
      2. Sistem Pendidikan Nasional pada Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 th 2003
      3. Permendiknas No. 26 th 2007 tentang kerjasama PT di Indonesia dengan PT di luar negeri. 
      4. Statuta UNY No. 35. Th 2017 mengenai dokumen resmi untuk kerjasama 
      5. POB Kerjasama UNY Tahun 2017 
      6. Peraturan Rektor UNY Nomor 24 tahun 2017 mengenai Standar Mutu UNY 
      7. Standar Mutu FT 2020
      8. Peraturan Rektor No. 12 Tahun 2021 tentang Pedoman Kerjasama UNY
  3. Strategi Pencapaian Standar
    1. Strategi Tata Pamong
      1. Pemilihan Dekan dan wakil dekan: 
        1. Keputusan Rektor No. 2.16/UN34/IV/2019 : Jadwal Pelaksanaan Tahapan Pengangkatan Dekan dan Wakil Dekan 
        2. Keputusan Rektor No. 5.24/UN34/V/2019 : Panitia Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan
        3. PR No. 4 Tahun 2019 : Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan 
        4. PR No. 5 Tahun 2019 : Panitia Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan
        5. SK Dekan 
      2. Pemilihan ketua jurusan, sekretaris jurusan serta koordinator program studi: SK Pengangkatan Koordinator Program Studi 
      3. Penerapan akuntabilitas, transparansi, implementasi : notulensi RKF
      4. Prinsip keadilan terwujud dengan pemberian izin kepada para dosen dan staf untuk dapat melakukan studi lanjut : Lampiran Daftar Dosen yang melakukan Studi Lanjut. 
      5. Untuk memberikan saran dan masukan serta kontrol pencapaian bagi pengelola dalam melaksanakan setiap kegiatan yang direncanakan oleh program studi dan jurusan www.survey.uny.ac.id
    2. Strategi Tata Kelola
      1. Koordinator Laboratorium/Bengkel, Koordinator Tugas Akhir, Koordinator Praktik Industri dan lain-lain dipilih dengan mekanisme yang dilakukan dengan pemilihan melalui ketua jurusan dengan prinsip kredibilitas sesuai tata kelola pada tingkat program studi: 
        1. Koordinator Laboratorium / Bengkel 2020 ; 2021Notulensi 
        2. Koordinator Tugas Akhir
        3. Dosen Pendamping Kegiatan Mahasiswa
        4. Koordinator UKKI
        5. Koordinator Artikel
        6. Koordinator Praktik Kependidikan
      2. Prinsip transparansi yang dilakukan pada sistem tata kelola tingkat fakultas dan program studi pada proses pengelolaan akademis, administrasi serta anggaran yaitu dapat dilihat pada rencana kerja tahunan dan Rencana Kegiatan Penganggaran Terpadu (RKPT) yang dirumuskan oleh Dekan, wakil dekan, ketua jurusan dan koordinator program studi.  Pelaksanaan evaluasi kinerja dosen secara transparan dan terstruktur  yang dikelola melalui sistem online yaitu melalui www.emonev.uny.ac.id yang selalu dilaksanakan di awal dan diakhir semester oleh dosen dan mahasiswa. 
      3. Pertanggungjawaban yang dilakukan pada konteks tata kelola ini yaitu pada pembagian jam dan penugasan mengajar serta pendampingan dan pembimbingan tesis dengan selalu mengisi presensi online dan sistem bimbingan terpadu yang dikelola dengan baik. https://presensi.uny.ac.id, https://presensikuliah.uny.ac.id , https://sibimta.uny.ac.id   
      4. Prinsip bertanggung jawab dapat dilihat pada pembagian jam dan penugasan jadwal mengajar serta pendampingan dan pembagian pembimbing tesis secara proporsional sesuai dengan bidang keahlian masing-masing dosen dan judul tesis mahasiswa:
        1. SK Pembimbing Tesis Mahasiswa Angkatan 2018
        2. SK Pembimbing Tesis Mahasiswa Angkatan 2019
        3. SK Pembimbing Tesis Mahasiswa Angkatan 2020
        4. SK Pembimbing Tesis Mahasiswa Angkatan 2021
    3. Strategi Kerjasama 
      1. Nilai transparansi diterapkan dalam pelaksanaan kerjasama dengan berbagai pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan pelaksanaan kuliah umum, seminar, webinar dan kegiatan-kegiatan yang mendukung keberhasilan kegiatan pembelajaran dan menambah pengalaman bagi para mahasiswa. 
        1. MoA
        2. MoU
        3. IA
        4. Workshop Penyusunan Artikel Jurnal: leaflet, berita
        5. Sarasehan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa S2 PKK UNY (2018)
        6. Visiting Professor Feng En Lo (2020) : Berita 
        7. Visiting Professor Lois Mota (2021) : Leaflet, Youtube, Berita
        8. Visiting Professor PN Anis Zakaria (2021) : Leaflet, Youtube, Berita 
        9. Visiting Professor Ferry Jie (2022) : Leaflet, Youtube
        10. Visiting Professor Rasyid - Malaysia 
        11. Leaflet Webinar ; Berita Webinar 
  4. Indikator Kinerja Utama
    1. Sistem Tata Pamong 
      1. Dokumen resmi tata pamong dan tata kelola 
        1. Statuta UNY dalam Permendiknas RI No. 34 Th 2011
        2. Statuta UNY dalam Permenristekdikti RI No. 35 Tahun 2017 
        3. OTK UNY dalam Permendiknas RI no. 23 th 2011
        4. OTK UNY dalam Permenristekdikti RI No. 2 Tahun 2019 
        5. Peraturan Rektor No. 1 TAHUN 2019 mengenai Peraturan Akademik UNY 
        6. Peraturan Rektor UNY No. 05 Tahun 2015 tentang Kode Etik Dosen UNY
        7. Peraturan Rektor UNY No 03. Th. 2009 tentang Etika dan Tata Tertib Pergaulan Mahasiswa 
        8. Keputusan Rektor UNY No. 17 tahun 2015 tentang Sistem Tata Kelola, Tata Pamong, Kepemimpinan dan Penjaminan Mutu UNY 
        9. SPMI UNY Tahun 2019 yang tertuang pada Peraturan Rektor UNY No. 41 tahun 2019
        10. Renstra FT UNY 2015-2019
        11. Renstra FT UNY 2020-2025 
        12. Renop UNY 2015 - 2019
    2. Ketersediaan dokumen formal struktur organisasi dan UPPS
      1. Keputusan Rektor UNY No. 40.4/UN34/2021
      2. Permenristekdikti No. 2 Tahun 2019 Tentang OTK UNY Tahun 2019
    3. Pelaksanaan Good Governance
      1. OTK UNY No. 23 Tahun 2011
      2. STATUTA UNY
      3. Kredibel : SK Pemilihan Korlab & Bengkel
      4. Transparan : RKPT
      5. Tanggung Jawab: PPM 2019; PPM 2020; PPM 2021
      6. Keadilan : Izin dosen melanjutkan studi
    4. Dokumen Resmi 
      1. Perencanaan: Renstra 2015-2019; Renstra 2020-2025; Renop UNY 2015-2019; Renop FT 2018Renop FT 2019; Renop FT 2020; Renop FT 2021;
      2. Pengorganisasian: RKF 2019; RKF 2020; RKF 2021; RKF 2022
      3. Personil : SK Koordinator 
      4. Pengarahan : RKF 2019; RKF 2020; RKF 2021; RKF 2022
      5. Pengawasan: AMI 2018; AMI 2019; AMI 2020; AMI KHUSUS 2021; AMI 2021; AMI 2022, RKF 2019; RKF 2020; RKF 2021; RKF 2022 (File Audit & Monev | Penjaminan Mutu FT UNY)
      6. Dokumen kepuasan pelanggan berdasarkan persepsi mahasiswa, dosen, staff, stakeholder dan mitra kerjasama : https://survey.uny.ac.id 
    5. Kepemimpinan 
      1. Prof. Drs. Herman Dwi Surjono, M.Sc., MT. Ph.D.
      2. Prof. Dr. Edy Supriyadi, M.Pd.
      3. Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si. 
      4. Dr. Drs. Darmono, MT.
      5. Moh. Adam Jerusalem, ST, SH, MT, Ph.D  
      6. Prof. Dr. Dra. Kokom Komariah, M.Pd.
    6. Sistem Penjaminan Mutu
      1. Pelaksanaan Penjaminan Mutu : 
        1. Permenristekdikti No. 35 Tahun 2017 Tentang STATUTA UNY
        2. SK Dekan No. T/111/UN.34.15/HK.03/2021 Tentang Tim Unit Penjaminan Mutu FT UNY
        3. http://audit.uny.ac.id/
        4. laporan AMI 2021
      2. Terdapat kebijakan penjaminan mutu: 
        1. PR No. 41 Tahun 2019 Tentang Penjaminan Mutu Internal UNY
        2. PR No. 24 Tahun 2017 Tentang Standar Mutu UNY
        3. Kebijakan SPMI UNY Tahun 2019
        4. Standar SPMI UNY 2019
        5. Manual SPMI UNY 2019
        6. Standar Mutu FT UNY 2020
        7. Evaluasi terhadap mutu soal ujian : Soal: WA atau surati
        8. Kajian dan pengembangan RPS : RPS: WA atau surati
        9. Evaluasi pelaksanaan penelitian melalui RG : SK RG Gelombang 1 (2018) ; Surat Perjanjian ; SK RG Gelombang 2 (2018) ; Surat Perjanjian; SK RG (2019) ; Surat Perjanjian; SK RG (2020) ; Surat Perjanjian; SK RG (2021) ; Surat Perjanjian
        10. Evaluasi Pelaksanaan Pengabdian kepada masyarakat : Laporan PPM 2019 ; Laporan PPM 2020 ; Laporan PPM 2021
      3. Ketersediaan bukti sahih: 
        1. Penetapan : SK Koordinator 
        2. Pelaksanaan : Usulan alat & bahan 2020; 2021; 2022
        3. Evaluasi: RKF 2019; RKF 2020; RKF 2021; RKF 2022
        4. Pengendalian : RKF 2019; RKF 2020; RKF 2021; RKF 2022
        5. Peningkatan: Prioritas Program 2019, 2020, 2021, 2022, AMI 2018; AMI 2019; AMI 2020; AMI KHUSUS 2021; AMI 2021; AMI 2022
        6. External Benchmarking
    7. Kerjasama 
      1. MOU ambil di SIKERs; https://sikers.uny.ac.id/ 
      2. MoU Bidang Pendidikan : Luar Negeri, Dalam Negeri 
      3. MoU Bidang Penelitian : Luar Negeri, Dalam Negeri 
      4. MoU Bidang Pengabdian Masyarakat : Luar Negeri, Dalam Negeri
  5. Indikator Kinerja Tambahan
    1. SPMI UNY.  
    2. Standar Mutu FT UNY
    3. Standar Pendidikan: 8 sub standar Pendidikan sudah terlampaui, dibuktikan dengan hasil Audit Mutu Internal (AMI) UNY: Laporan AMI 2020; AMI 2021; AMI Khusus 2021 
    4. Standar Penelitian: 8 Sub standar Penelitian sudah terlampaui, dibuktikan dalam ketercapaian Kontrak Kinerja dalam Laporan Dekan: Laporan Dekan FT UNY 2020 ; 2021
    5. Standar Pengabdian pada Masyarakat: 8 Sub standar Pengabdian sudah terlampaui, dibuktikan dalam ketercapaian Kontrak Kinerja dalam Laporan Dekan: Laporan Dekan FT UNY 2020 ; 2021
    6. Standar Kemahasiswaan Dan Alumni:  8 Sub standar Kemahasiswaan Dan Alumni sudah terlampaui, dibuktikan dalam ketercapaian Kontrak Kinerja dalam Laporan Dekan. Berikut ini link kontrak kinerja: Laporan Dekan FT UNY 2020 ; 2021
    7. Standar Kerjasama: 8 Sub standar Kerjasama sudah terlampaui, dibuktikan dalam ketercapaian Kontrak Kinerja dalam Laporan Dekan. Berikut ini link kontrak kinerja: Laporan Dekan FT UNY 2020 ; 2021
    8. Standar Pengelolaan Sumber Daya Manusia: 8 Sub standar Pengelolaan SDM secara umum sudah terlampaui, tetapi ada catatan penting terkait beban kinerja dosen yang masih relatif tinggi (16-18 sks): Laporan Dekan FT UNY 2020 ; 2021
    9. Kegiatan lain yang juga telah melampaui standar UNY dan SN DIKTI terdapat pada aspek kinerja dosen yang beberapa dosen telah memiliki gelar Professor yang sesuai dengan kompetensi masing-masing di bidang PKK serta tenaga kependidikan yang minimal berpendidikan D3 dan beberapa sedang melanjutkan studinya.
  6. Evaluasi Capaian Kinerja
    1. Perpindahan program studi S2 PKK yang dulunya berada di Program Pascasarjana UNY dan sejak tahun 2020 berpindah ke Fakultas Teknik UNY, 
    2. RTM FT UNY 
    3. RTM Prodi
  7. Penjaminan Mutu, Tata Kelola dan Kerjasama
    1. Dokumen resmi terbentuknya Penjamu : 
      1. SK GPM di lingkungan FT Prodi PKK 2021, 2022, 2023
      2. Kebijakan Mutu
      3. Standar Mutu
      4. Manual mutu
      5. Prosedur Mutu
      6. PR No. 41 Tahun 2019 Tentang Standar Mutu SPMI UNY
      7. PR No. 6 Tahun 2012 
      8. PR No. 24 Tahun 2017
    2. Penetapan :
      1. PR No. 41 Tahun 2019 Tentang Standar Mutu SPMI UNY
      2. OTK UNY 2019
      3. Permenristekdikti Nomor 2 Tahun 2019
      4. Target Kinerja 
    3. Pelaksanaan: 
      1. OTK UNY 2019 
      2. Sistem informasi UNY
      3. Notulen rapat jurusan 
    4. Evaluasi: 
      1. link https://emonev.lppmp.uny.ac.id
      2. link https://survey.uny.ac.id 
      3. http://penjamu.ft.uny.ac.id
    5. Pengendalian: 
      1. Buku manual SPMI
      2. Rapat Tinjauan Manajemen FT UNY
      3. RTM Prodi 
    6. Peningkatan Keberlanjutan: 
      1. Pelaksanaan e-monev : http://emonev.lppmp.uny.ac.id/ 
      2. Kegiatan penjaminan mutu diakses di http://penjamu.ft.uny.ac.id
      3. File External Benchmarking
      4. Rapat Tinjauan Manajemen FT UNY
      5. RTM Prodi
  8. Kepuasan Mitra Pengguna
    1. Laman e-monev : http://emonev.lppmp.uny.ac.id/ 
    2. Laman survey : https://survey.uny.ac.id
    3. Hasil survey diakses di http://penjamu.ft.uny.ac.id/id/resource-download
    4. Data grafik C2.6 : Laporan kepuasan pengguna FT UNY 2021 (Halaman 36-38)
  9. Simpulan dan Hasil Evaluasi dan Tindak Lanjut