Sosialisasi Program RPL S2 PKK untuk SMK Bidang Pariwisata di DIY dan Jateng

Sabtu, 6 Agustus 2022 Prodi S2 PKK FT UNY telah melaksanakan kegiatan Sosialiasi Program RPL yang disampaikan oleh Ketua Jurusan PTBB (Pendidikan Teknik Boga dan Busana) Bapak Mohammad Adam Jerusalem, Ph.D. bersama Koordinator Program Studi S2 PKK Ibu Prof. Dr. Kokom Komariah, M.Pd. kepada SMK-SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting tersebut dihadiri oleh guru-guru dengan latar belakang pendidikan kesejahteraan keluarga seperti guru tata boga, tata busana, dan tata rias/kecantikan.

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan program yang mengakui capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Program RPL yang diselenggarakan Program Studi S2 PKK FT UNY membuka kesempatan lebar bagi masyarakat untuk melanjutkan studi di bidang pendidikan kesejahteraan keluarga. Dengan adanya program tersebut peserta memperoleh pengakuan atas pengalaman belajar ataupun pengalaman kerja yang telah dimiliki dalam bentuk portofolio. Adapun beberapa kriteria untuk bisa mendaftar ke Program RPL diantaranya (1) telah lulus program sarjana dan memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja, (2) pernah mengikuti kuliah pada Program Magister tetapi tidak selesai yang dibuktikan dengan SKPK, atau (3) lulusan Program Magister yang akan menempuh lintas prodi pada jenjang yang sama.

Selain itu adapun jenis dokumen yang dapat digunakan sebagai portofolio pendaftaran program RPL  diantaranya: Ijazah/Transkrip Nilai, Surat Keterangan Pernah Kuliah, Daftar Riwayat Pekerjaan, Surat Keputusan, Surat Keterangan, Surat Tugas, Sertifikat Workshop/Pelatihan, Sertifikat Kompetensi Keahlian, Sertifikat Lisensi dan lain sebagainya.

Program tersebut sangat bermanfaat bagi para guru di SMK Pariwisata untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Berbagai pengalaman/capaian yang dimiliki guru akan diekuivalensikan pada mata kuliah yang sesuai di S2 PKK sehingga peserta memperoleh pengurangan jumlah beban belajar/SKS dalam menempuh pendidikan jenjang magister. Dengan adanya pengurangan SKS  guru sangat memungkinkan untuk tetap mengajar sambil melanjutkan studi.

Kegiatan sosialisasi memperoleh tanggapan yang sangat baik dari para peserta, salah satunya adalah ibu Ade Sri Herta, S.Pd. dari SMKN 1 Arahan Indramayu Jawa Barat “Sangat bagus dan membantu dengan program RPL untuk yang sudah bekerja”. Selain itu tanggapan dari ibu Wulan Afriani, S.Pd. dari SMK Sosial Islam 1 Prambanan yang mengatakan “Semoga saya bisa bergabung di program RPL UNY untuk menambah ilmu bagi anak-anak didik saya di SMK”. Adanya kegiatan sosialisasi Program RPL di Prodi S2 PKK FT UNY diharapkan dapat menumbuhkan motivasi bapak dan ibu guru untuk terus melanjutkan studi demi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya bidang kesejahteraan keluarga. (ARF)