PEMBUATAN PRODUK FROZEN FOOD BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA MUJAMUJU, YOGYAKARTA

Yogyakarta - Pada 30 April 2023 mahasiswa S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Trinatasita Napitupulu, Ramadhani Noor Fajri dan Perawati Simaremare telah melaksanakan pelatihan pembuatan produk frozen food yakni bitter balen dan otak-otak ikan patin kepada masyarakat (ibu rumah tangga) didesa muja muju RW 11, Umbulharjo. Pelatihan ini sebagai salah satu proyek akhir dari mata kuliah pemberdayaan masyarakat dan keluarga. Poin sasaran pelatihan ini adalah peningkatan

konsumsi ikan dan juga peningkatan sumber daya masyarakat desa yaitu ibu rumah tangga didesa Mujamuju, Umbulharjo sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal serta Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 poin Desa tanpa kelaparan, Pertumbuhan ekonomi desa dan Desa sehat sejahtera. Nilai yang diharapkan dapat tumbuh melalui pengabdian masyarakat ini adalah nilai-nilai kebijaksanaan dalam mengelola makanan sehat dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Selama pelaksanaan pelatihan, peserta sangat antusias bertanya dan aktif dalam diskusi selama pemaparan materi yakni tentang pemasaran online dan desain kemasan untuk produk frozen food. Demikin juga pada saat pelaksanaan pembuatan produk. Seluruh peserta sangat senang dan beberapa tertarik untuk membuat produk pelatihan kembali di rumah masing- masing. Ibu RW sebagai perwakilan dari peserta mengatakan semoga pada hari yang akan datang masih ada pelatihan kembali karena merasa bahwa pelatihan seperti pemberdayaan pembuatan produk frozen food ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga.(Simare-mare)