PELATIHAN PEMBUATAN GOODIE BAG DARI LIMBAH KAIN PERCA

Kain perca merupakan suatu limbah dari produksi tekstil. Limbah kain perca masih bisa dimanfaatkan dengan menjadikan produk-produk yang memiliki nilai guna lebih. Produk-produk dari kain perca sendiri tidak terbatas hanya taplak meja saja. Akan tetapi banyak sekali produk-produk yang dapat dihasilkan dari kreasi kain perca ini. Salah satunya adalah tas goodie bag . Goodie bag yang terbuat dari kain perca memiliki keunikan tersendiri dan mempunyai nilai jual yang relatif tinggi.

Saat ini belum banyak orang yang memproduksi goodie bag dengan bahan dasar kain perca. Oleh karena itu, mahasiswa Prodi PKK yang terdiri dai Riris, Manda Yunita dan Roosati pada hari Sabtu 06 Mei 2023 mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu rumah tangga di wilayah Rt.03 dan Rt.04 Dusun Wonokerso Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta.

Pada kegiatan pelatihan ini, ibu-ibu diajarkan untuk memadupadankan kain-kain perca tersebut baik dari warna maupun motif. Selain itu ibu-ibu juga diajarkan bagaimana cara menyusun potongan-potongan kain perca tersebut, sehingga dapat menjadi suatu pola tas. Antusias peserta dalam mengikuti pelatihan sangat tinggi, dan meeka berharap dari pelatihan ini bisa terbentuk suatu sanggar yang menampung ibu-ibu yang ingin berkreasi dan menambah penghasilan keluarga dengan memproduksi goodie bag berbahan dasar kain perca.