Mengkaji berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan Transferable skills mahasiswa sebagai guru pemula, pada Pendidikan Tata Boga dan Busana Fakultas Teknk UNY Boga

Mengkaji  berbagai  upaya untuk meningkatkan kemampuan Transferable skills mahasiswa  sebagai guru  pemula, pada Pendidikan Tata Boga dan Busana  Fakultas Teknk  UNY Boga

            Yogyakarta,  18 Oktober 2023 telah dilaksanakan  Focus Grup Discussion  guna mengkaji  bagaimana  transferable skills mahasiswa Tata  Boga dan Busana.  Kegiatan dimotori oleh  Prof Dr. Kokom Komariah M.Pd  sebagai ketua peneliti,  dan anggota  Dr. Fitri Rahmawati, M.P.  kapti asiatun, M.Pd.   dan Asri Andarini, M.Pd.  Hadir  dalam  kegaitan tersebut,  pakar Pendidikan vokasi,  dosen-dosen tata bohga dan busana, serta  guru pamong dari SMKN 4. SMKN 1  Kalasan dan SMK Budi Mulya 2. 

        Prof.  Dr. Putu Sudira, M.P.,  yang memberikan  pandangannya bahwa   kesuksesan   faktanya dihasilkan dari   Skills dengan  attitudes, believes, behavior, and habit, sehingga sangat penting untuk  ke empat aspek tersebut dikembangkan.    Selanjutnya   mengacu pada Visi dasar TVET   adalah  Education  for Occupation, Education  for Career Development   dan Education  for Profesional Development.   TVET   di desain  untuk   mengembangkan  skills, abilities, understanding, attitude,  work habits, and appreciation yang dibutuhkan   untuk  bekerja.

        Kaitan dengan  kemampuan  tranferablity  skills bagi mahasiswa PTBB,  dibutuhkan.  Work knowledge,  content knowledge, cibergogy knowledge, peergogy knowledge, andragogy knowledge, teknology knowledge, heutagogy knowledge,  dan indigenous knowledge. Tentu saja hal ini seseui dengan tuntutan kurikulum merdeka saat ini.

        Selain itu  diperkuat  oleh pendapat  Dr. Noorfitrihana,M.Eng, bahwa karier berjenjang, sehingga diharapkan   tidak menuntut mahasiswa yang  baru praktik Pendidikan  seperti keadaan guru yang sudah puluhan tahun mengajar.  Selain beberpa aspek yang menjadi kekurangan  dari mahasiswa  yang melakukan Praktik mengajar pada beberapa saat yang lalu, secara umum kehadiran mahasiswa  di sekolah merupakan kegiatan simbolk mutualistic, mahasiswa  menjadi lebih terlatih dan guru-guru sangat terbatu  dengan kehadiran  mahasiswa di sekolah sebagai praktikan.  (kk)