MEMBANGUN SEMANGAT WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN CEMILAN DARI KULIT LUMPIA PADA REMAJA DESA SUNGAI DAREH

Sebagai bentuk implementasi Matakuliah Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat. Mahasiswa Magister PKK UNY mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan tersebut dibalut dalam bentuk pelatihan pembuatan cemilan dari kulit lumpia di di desa Sungai Dareh. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan dan membangun semangat berwirausaha pada remaja.

Kegiatan pelatihan dilaksankan pada sabtu. 15 April 2023. Dimulai pada pukul 13.00 WIB yang diikuti oleh 11 peserta remaja di Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat. Pembuka acara pelatihan ini diawali dengan salam, dilanjutkan dengan memberikan penjelasan maksud tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini, menguraikan mengenai analisa masalah dipadukan dengan berdiskusi dua arah tentang pentingnya memanfaatkan peluang berkaitan dengan berwirausaha, menjelaskan tentang peluang untuk membuka usaha membuat makanan ringan memanfaatkan bahan-bahan membagikan resep, menghitung anggaran tiap resep serta bercerita tentang pengalaman apakah pernah mengonsumsi atau pernah membuat. Acara dilaksanakan dengan dua tahap, yang pertama yaitu membuat cemilan kulit lumpia keju aroma dan membuat cemilan keripik kulit lumpia aneka rasa. Hasil dari kegiatan ini adalah remaja akan termotivasi bertambah keberaniannya untuk berinovasi dan pengembangan dalam membuat produk cemilan kulit lumpia dikemas sedemikian rupa dan siap untuk dipasarkan Potensi sumber daya remaja juga dapat disalurkan melalui kreatif dan berinovasi.

Peserta merespon kegiatan pelatihan ini dengan baik. Mereka merasa senang dan nyaman selama mengikuti kegiatan pelatihan. Mereka juga mampu mengikuti setiap arahan dari pemateri dan sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini mulai dari awal hingga akhir pelatihan, hal ini dikarenakan sangat jarang mereka mendapatkan kegiatan dalam bentuk praktek yang dapat menambah ketrampilan dan melatih kemandirian melalui pelatihan.